Mobil Kancil Buatan Indonesia

Mobil Kancil Buatan Indonesia - Bila pada posting sebelumnya kita sudah mengetahui cara membuat mobil esemka dan pesaing esemka yakni mobil tawon. Kini saya hadirkan kembali mobil made in Indonesia. Meski sudah tergolong cukup lama diproduksi, namun tak ada salahnya saya ingatkan kembali tentang mobil kancil ini :-)

mobil kancil bekas


Merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, di produksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak

Desain dan manufaktur Mobil Kancil


Tanpa berpretensi sebagai Mobil Nasional, mobil kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan oleh PT. KANCIL. Dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri, dan Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung untuk sistem Front knuckle arm. Brakedrum dan wheel hub dikembangkan bersama PT. Bakrie Tosanjaya. Verifikasi design, performance dan dynamic analysis serta uji fatique konstruksi kendaraan dilakukan di Laboratorium Dinamika Pusat Antar Universitas, Institut Teknologi Bandung.

mobil kancil

Mesin dibuat oleh Fuji Heavy Industries, pabrikan pembuat mobil Subaru, Jepang.[1] Rear Axle dibuat oleh Fuji Machinery, juga dari Jepang. Transmisi otomatis (CVT, Torque Converter) dibuat oleh Huffco-Comet, Amerika Serikat. Sedangkan panel fiberglass body dibuat oleh PT. Induro, Tangerang.[rujukan?]. Panel body ini dikembangkan dari 2 buah master sample body dan cetakan pertama yang dibuat oleh PT. AITEM, suatu unit usaha di bawah PT. Dirgantara Indonesia. Sedangkan styling dan master clay model-untuk body-nya sendiri dibuat oleh PT. KANCIL sendiri.

Kelayakan Mobil Kancil


Mobil KANCIL memenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian. Begitu juga wewenang untuk membuat Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dimiliki oleh PT. KANCIL. NIK (dalam bahasa Inggris: Vehicle Identification Number) sangat penting untuk dapat diakui oleh instansi kepolisian sebagai dasar pembuatan BPKB dan STNK.

mobil kancil buatan indonesia

Spesifikasi Mobil Kancil


Dimensi Utama (panjang x lebar x tinggi) : 2.800 x 1.385 x 1.720 mm.

Wheel base - 2.100 mm.

Thread - 1.200 mm.

Berat kotor kendaraan - 850 kg.

Radius putar : 4,5 m.

Mesin : bensin, 1 silinder, 404 cc, 4 langkah, EH41 DUS.

Tenaga maksimum : 13,5 hp (3.600 rpm).

Torsi maksimum: 28,4 Nm (2.500 rpm).

Transmisi : Continuous Variable Transmission (CVT) rasio tertinggi 0,6 : 1, rasio terendah 3,4 : 1.

Steering : Rack & Pinion Gear.

Suspensi depan : Double control arm, transverse single leaf spring, hydraulic shock absorber.

Suspensi belakang : Trailing arm, Coil spring, hydralic shock absorber.

Rear Axle : Rigid Transaxle, Differensial final ratio 10,7 : 1 dengan reverse gear.

Sistem rem : Drum brake, 2 hydraulic circuits.

Battery : 12 V 24 Ah.

Tire : 5.00-10, 6PR.

Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 20 liter.

Kecepatan (maks) : 58 km/jam.

Daya tanjak : 51 % (26,9 derajat).

Percepatan 0-50 km/jam (beban penuh) : 15,1 detik

Jarak pengereman dari 35 km/jam (beban penuh) : 9,2 m dalam 1,7 detik.

Demikianlah sekilas tentang mobil kancil, jangan lupa untuk melihat mobil esemka, spesifikasi esemka dan harga mobil esemka ya 

2 Responses to "Mobil Kancil Buatan Indonesia"

Asyiknya WiraUsaha..! said...

mantap semoga laris....

dyah arum said...

Berapa harga kancil ya ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel