Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau - Kita pasti mengenal dengan jenis kacang-kacanagan, ada kacang panjang, ada kacang tanah, ada kacang kedelai, dan satu lagi yang berwarna hijau apalagi kalau bukan kacang hijau.

Ya, kacang hijau ialah jenis kacang yang biasa kita makan dengan cara dimasak menjadi bubur kacang hijau. Tapi tahukah anda akan manfaat kacang hijau ?

Manfaat Kacang Hijau

Dibawah ini ada manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia yang patut anda ketahui : Tak seperti sayur lain yang makin lama direbus khasiatnya akan berkurang, kacang hijau justru tak terpengaruh oleh panas. Selain mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kacang hijau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit.

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral. Kelebihan kacang hijau adalah kecambahnya (tauge) mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai.

Menurut Ir I.G.A. Ari Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara lain, 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan.

Berbagai penyakit maupun gangguan yang bisa diatasi dengan mengasup kacang hijau antara lain beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan lain-lain.

Selain itu, kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut hasil penelitian, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Hebatnya lagi, biar direbus lama, sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.

Aneka Ramuan Kacang Hijau Ada banyak macam penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan mengasup kacang hijau. Berikut ini beberapa ramuan kacang hijau yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dari berbagai sumber ramuan-ramuan ini diambil, salah satunya dari Drs. Didik Gunawan, Apt. S.U., dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Baca juga : manfaat madu dan manfaat teh hijau

6 Responses to "Manfaat Kacang Hijau"

tips kesehatan said...

nice artikel,,

thanks ya


:)

Chandra said...

Tanaman super.. =)

Ferdinand Hegemur said...

ternyata manfaatnya sangat2 penting ya.....
thanks for share this....mantap banget....

Anonymous said...

mbak/mas saya numpang nanya kalu kacang hijau itu bisa menghilangkab lemes gak?tolong di jawab dri ferina

manfaat kacang hijau said...

kacang hijau enak dijadiin bubur :)

pureit said...

tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel